Analisis Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Agus Sutardjo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.56248/jamane.v3i1.59

Keywords:

harga pokok produksi, full costing, variable costing dan harga jual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik manajemen laba dan kinerja keuangan perusahaan dalam industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Rasio-rasio yang digunakan dalam penelitian ini meliputi likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Industri semen merupakan sektor yang berkembang pesat di Indonesia dan memiliki peran penting dalam pembangunan, karena semen digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, seperti rumah, jalan, dan gedung tinggi. Konsumsi semen terus meningkat di Indonesia, terutama seiring dengan rencana pembangunan pemerintah. Rumusan masalah penelitian ini mencakup pertanyaan seputar praktik manajemen laba dan kinerja keuangan perusahaan semen periode 2012-2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode teoritis dengan mengacu pada buku dan sumber bacaan lain yang relevan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif, dengan menggunakan total Accruals untuk mengukur manajemen laba dan analisis rasio keuangan, termasuk likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas untuk mengukur kinerja keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perusahaan manufaktur dalam industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memiliki praktik manajemen laba yang kurang baik. 2) Kinerja keuangan yang diukur dengan rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas menunjukkan bahwa rasio likuiditas, aktivitas, dan profitabilitas perusahaan dalam industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kurang baik, kecuali rasio solvabilitas yang menunjukkan kinerja yang cukup baik.

References

Hamzah, F. F., Semmaila, B., Arfah, A., & Arifin, A. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sub Sektor Semen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Mirai Management, 7(3), 397-404.

Julyarman, N. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Dalam Menilai Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Subsektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 5(2), 84-93.

Kasmir (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kliestik, T., Valaskova, K., Nica, E., Kovacova, M., & Lazaroiu, G. (2020). Advanced methods of earnings management: Monotonic trends and change-points under spotlight in the Visegrad countries. Oeconomia Copernicana, 11(2), 371-400.

Marjuno, M., Djamereng, A., & Priliyadi, A. A. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Journal of Management Science (JMS), 1(1), 1-13.

Nastiti, D. T., Reswita, Y., & Malik, D. (2022). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Performance: Journal of Management and Entrepreneurship, 1(1), 1-9.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Zs, N. Y., Nurangraini, I., Astuti, B., Ranidiah, F., & Pertiwi, D. E. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 281-298.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Agus Sutardjo. (2024). Analisis Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), Page 1–17. https://doi.org/10.56248/jamane.v3i1.59