Strategi Pemasaran Kripik Pisang Balado Pada UKM Salsabila Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang

Authors

  • Gusriandika Gusriandika Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti,Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Dang Sri Chairani Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti,Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Herda Gusvita Fakultas Pertanian, Universitas Ekasakti,Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56248/jamane.v3i1.71

Keywords:

Keripik Pisang, Strategi Pemasaran, Faktor Internal dan Eksternal, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi UKM Salsabila dan menganalisis alternatif  strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran keripik pisang balado UKM Salsabila Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Juli 2022. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 13 responden, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT dan Matriks SWOT. Berdasarakan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Faktor internal dan eksternal dalam strategi pemasaran UKM Salsabila yaitu. Kekuatan : UKM Salsabila dibuat tanpa menggunakan pengawet, memiliki beberapa varian produk, memiliki bahan baku yang berkualitas, rasanya enak dan aroma yang khas, memiliki label halal, harganya terjangkau, kemasannya menarik, memiliki mitra usaha. Kelemahan : produk yang kurang tahan lama (1 bulan), sulitnya memperoleh produk, lokasi kurang strategis, promosi yang belum terprogram. Peluang : menambah varian rasa, menjadi produk ternama di Kota Padang, memperluas peluang pasar, memperbanyak mitra usaha. Ancaman : varian rasa pesaing semakin banyak, konsumen lebih cermat memilih produk, menurunnya daya beli masyarakat, lokasi kurang strategis, pedagang pengencer bermitra dengan pesaing, promosi pesaing lebih bagus. (2) Terdapat  empat strategi yang dapat digunakan oleh UKM Salsabila yaitu: (a).Melakukan promosi, (b).Melakukan pendekatan kepada pengencer, (c).Melakukan inovasi (d).Meningkatkan daya tarik produk. Strategi prioritas yang harus dilakukan UKM Salsabila adalah melakukan promosi secara intensif melalui perbaikan kemasan produk agar lebih menarik dan memperkenalkan produk melalui iklan diberbagai media sosial untuk memperluas pemasaran.

References

Direktorat Jendral Hortikultura. 2015. Publikasi Statistik.

Suryana, A. 2005. Arah, Strategi dan Program Pembangunan Pertanian 2005-2009. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta.

Setyobudi. 2007. Peran Serta Bank Indonesia Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Buletin Hukum Perbankan ke Bank. Sentral. Erlangga. Jakarta.

Rangkuti, 2006. Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

David, F.R. 2009. Menajemen Strategio : Konsep-konsep. PT Indeks. Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Gusriandika, G., Dang Sri Chairani, & Herda Gusvita. (2024). Strategi Pemasaran Kripik Pisang Balado Pada UKM Salsabila Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), Page 46–56. https://doi.org/10.56248/jamane.v3i1.71