Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai

Authors

  • Odaligoziduhu Halawa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.56248/jamane.v1i2.57

Keywords:

kinerja pegawai, kemampuan, motivasi

Abstract

Sampai saat ini kinerja Pemerintah Daerah masih terus merupakan sorotan karena pelayanan kepada masyarakat belum dilakukan secara optimal. Faktor yang sering disoroti sebagai penyebab rendahnya kinerja pegawai adalah kemampuan dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Bawolato Kabupaten Nias. Penelitian dilakukan dengan dengan meminta kesediaan responden untuk mengisi kuesioner. Unit analisis adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer yang bekerja pada Kantor Camat Bawolato Kabupaten Nias. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus dan meminta kesedian seluruh pegawai yang bekerja pada obyek penelitian untuk mengisi kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa data penelitian adalah valid dan dapat diandalkan (reliable). Selanjutnya hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal dan tidak terdapat multikolinieritas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kemampuan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil penelitian ini menambah dukungan terhadap hasil-hasil penelitian terdahulu dan secara praktis berguna sebagai masukan bagi pimpinan Kantor Camat Bawolato Kabupaten Nias dalam usaha meningkatkan kinerja pegawai.

References

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, budaya kerja terhadap kinerja karyawan dinas sosial kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47-62.

Baharuddin, A. A., Musa, M. I., & Burhanuddin, B. (2022). Pengaruh motivasi dan kompetensi kerja terhadap prestasi kerja karyawan sales. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 55-62.

BPS Kabupaten Nias. (2020). Statistik Jumlah Penduduk.

Halawa, O. (2019). Pengaruh Pengorganisasian Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kesbangpol Kabupaten Nias. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Pembnas (Jam Pembnas), 5(1), 31-36.

Laia, O., Halawa, O., & Lahagu, P. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Pelayanan Publik. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 70-76.

Larosa, Y. M., Laia, O., Halawa, O., & Telaumbanua, W. A. (2022). Peranan Sistem Pengorganisasian Dalam upaya Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, 1(2), 363-367.

Sembiring, M., Jufrizen, J., & Tanjung, H. (2021). Efek Mediasi Kepuasan Kerja pada Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 131-144.

Wau, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Efektivitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Kualitas Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1(1), 37-47.

Werni, S. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1(1), 28-36.

Zega, Y. (2022). Pengaruh Kinerja Kepegawaian Dalam Administrasi Perkantoran. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1(1), 63-69.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Halawa, O. (2023). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), Page 375–381. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i2.57